50+ Istilah Komputer dan Internet yang Perlu Anda Pahami

50+ Istilah komputer dan Internet yang perlu anda pahami  - Belajar jaringan komputer dan internet akan menghadapkan Anda untuk mengenal banyak istilah penting. Anda perlu mengenal istilah tersebut agar dapat memahami lebih dalam tentang sistem maupun perangkat yang digunakan oleh jaringan komputer dan internet.

Nah, berikut ini akan dikemukakan limapuluh lebih istilah yang sering digunakan dalam jaringan komputer dan internet. Apa sajakah? 

Simak satu persatu yang berikut ini!

1.BIOS : Basic Input Output System. Software yang terinstal pada semua PC. Berfungsi untuk mengontrol operasi dasar peranti, misalnya monitor, hard disk, dan keyboard.

2.CPU (Central Processing Unit) : Bagian utama dalam PC yang memproses seluruh perintah. Namun orang kadang mengartikan CPU sebagai kotak komputer tanpa monitor.

3. dB (decibel): Satuan ukuran kekerasan suara.

4.GHz (GigaHertz) : Standar ukuran kecepatan prosesor PC. 1GHz sama nilainya dengan 1000MHz.

5.ATA singkatan dari Advanced Technology Attachment. Penamaan yang diberikan oleh American National Standards Institute, untuk device Integrated Drive Electronics (IDE).

6. CD-RW (Compact Disc Re-writable) :CD kosong yang bisa dipakai untuk menulis data berulang kali.

7. Interface : Alat komunikasi atau cara berkomunikasi, biasanya dipakai sebagai sebutan dalam dunia digital. Misalnya user interface dan programming interface. Mengkoneksikan dua perangkat atau lebih untuk berkomunikasi.

8. PCI expansion card : Kartu yang dicolokkan pada soket PCI pada motherboard untuk menambah kemampuan PC.

9. Plug and Play : Standar pengenalan peripheral yang dipakai dalam sebuah PC. Sistem Windows akan mendeteksi device yang ditambahkan, sekaligus menginstal driver-nya dari database.

10. Disket floppy : Disket berukuran 3,5 inchi dan mampu menyimpan data 1,4 Mb – standar disket saat ini.

11. Drag and Drop : Metode untuk memindahkan suatu obyek (misal: file) dengan menarik dan meletakkan obyek pada lokasi yang diinginkan.

12. Progress bar : Tampilan dalam bentuk presentasi atau animasi berjalan, yamg berfungsi menginformasikan sampai seberapa jauh suatu proses telah berlangsung.

13. Formatting : Mengatur kembali atau memodifikasi (biasanya hard disk) untuk tujuan tertentu, seperti menghemat ruang, menghapus virus dan sebagainya.

14. Partisi : Area pada hard disk dimana informasi disimpan.

15. Reboot : Menghidupkan kembali PC dengan menekan tombol Power atau Reboot.

16. Startup disk : Disket yang digunakan untuk me-reboot PC.

17. Open source : Software yang distribusinya gratis dan dalam prakteknya menampilkan kode asal (source code) yang dapat dimodifikasi oleh yang membutuhkan.

18. Plug-in : File tambahan, biasanya dalam bentuk aplikasi atau program, yang perlu di-download untuk dapat melihat halaman situs tertentu.

19. Pop-up : Jendela mini yang sering muncul saat kiat menjelajah internet; biasanya berisi iklan atau pengumuman.

20. WYSIWYG : singkatan dari What You See Is What You Get artinya tampilan yang kita lihat memang benar-benar seperti itu adanya, bukan merupakan produk hiasan.

21. DHTML (Dynamic HTML) : Pengembangan dari format HTML yang memungkinkan suatu halaman web merespon input dari netter tanpa perlu mengirim perintah ke web server.

22. Ekstranet : sejenis intranet namun sebagian isinya dapat diakses oleh pihak diluar organisasi yang diberi izin mengaksesnya. Ekstranet dapat diakses jika kita memiliki username, password, dan identitas tertentu.

23. Flash : Teknologi animasi vektor-grafis yang ‘ramah’ bandwidth, yang biasanya digunakan untuk mempercantik tampilan website. Flash sebelum tahun 1997 lebih dikenal sebagai FutureSplash sampai Macromedia Inc. Membeli perusahaan membuatnya kemudian mengembangkannya.

24. Intranet : Jaringan berbasis protokol TCP/IP yang dimiliki oleh sebuah organisasi atau perusahaan, yang hanya bisa diakses oleh anggota atau karyawan perusahaan tersebut. Mirip dengan website tapi ada program firewall yang melingkupinya.

25. 2,5G : Teknologi tanggung sebelum periode 3G, periode ini ponsel bisa memainkan EMS (Enhanced Messaging Service) dan MMS (multimedia Messaging Service).

26. 3G : Singkatan 3rd Generation atau Generasi Ketiga jaringan mobilephone. Pada generasi ini ponsel bisa mengirim video sebagus audio.

27. Bandwidth : Ukuran yang dipakai untuk menandai kemampuan transfer data pada suatu jaringan atau pada koneksi internet.

28. DVD : Tipe disc yang mampu menyimpan data digital sangat besar, termasuk menyimpan film dengan kualitas suara dan gambar yang sangat baik.

29. Infrared : Interface yang memungkinkan data ditransfer via gelombang sinar infrared antar perangkat cordless yang dilengkapi port IR. Kebanyakan PC genggam, notebook, PDA dan ponsel memiliki port infrared.

30. Mb/Megabyte : Ukuran kapasitas simpan, biasanya dipakai dalam memori komputer.

31. Memori : Area simpan sementara dalam komputer yang akan hilang ketika PC dimatikan. Diukur dengan satuan megabyte (Mb).

32. MP3 : Standar saat ini untuk mengkompres digital audio yang kualitasnya hampir setara CD. Ukuran filenya lebih kecil dibanding file CD audio.

33. Multimedia Fitur yang mampu menjalankan video dan audio, baik oleh hardware maupun software.

34. Operating System/Sistem Operasi : Software yang mengatur elemen-elemen dalam PC, termasuk mendeteksi driver, software maupun hardware.

35. OCR (Optical Character Recognition) : Teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan menjadi bentuk teks (misalnya ke dalam kode ASCII), yang dapat diedit dengan program pengolah kata.

36. RTF (Rich Text Format) : Format file yang biasa digunakan oleh sebuah dokumen yang bisa ditransfer atau dibuka di berbagai aplikasi pemrosesan data.

37. TIFF (Tagged Image File Format) : Format standar file yang biasa digunakan oleh suatu gambar grafik. Dapat berupa monokrom, greyscale, dan gambar berwarna 8-bit atau 24-bit. Gambar berformat TIFF dapat dikompres tanpa kehilangan detail gambar.

38. Browser : Aplikasi untuk menjalankan internet dan membuka halaman situs.

39. Hang : Program terhenti disaat pengerjaan, umumnya karena terlalu banyak memori PC yang terpakai.

40. Scroll bar : Alat navigasi berbentuk batang, dengan panah atas-bawah, yang memudahkan menggeser ke halaman atas atau bawah.

41. Shortcut : Icon yang merupakan jalan pintas; program akan langsung terbuka begitu icon diklik, tanpa perlu melewati [Start]-[Program].

42. File manager : Tempat kita mengedit isi situs, seperti yang disediakan oleh Geocities atau Angelfire.

43. Source code : Kode berupa teks, dengan bahasa pemrograman tertentu, yang menjadi basis pengembangan suatu aplikasi program. Upload Mengirimkan atau menampilkan file di internet.

44. Drag : Memperbesar, memperkecil atau memindahkan gambar dengan cara menarik salah satu sudutnya, atau dengan menekan pointer pada gambar.

45. Active-X : Teknologi untuk menambahkan fitur tambahan pada sebuah aplikasi seperti web browser. Komponen Active-X biasanya di-download secara otomatis atau dengan sedikit interaksi.

46. Cookies : File teks dalam hard disk yang diciptakan oleh situs yang baru kita kunjungi. Berisi catatan aktivitas dan informasi tentang komputer kita, sesuai kebutuhan si pengelola situs.

47. Deface : Tindakan menyusup ke suatu situs, lalu mengubah tampilan muka dari situs tersebut dengan maksud dan tujuan tertentu.

48. Firewall : Peranti lunak untuk memagari sebuah komputer yang terhubung ke jaringan/internet agar tak mudah disusupi pihak luar.

49. Keylogger : Program tersembunyi yang merekam seluruh aktivitas ketikan keyboard, termasuk aplikasi yang terbuka, user name, password, dan hal lainnya untuk kemudian datanya dikirimkan kepada si pemasang program.

50. Trojan Horse : Program perusak yang menyamar sebagai program yang tidak berbahaya. Berbeda dengan virus, trojan horse tidak selalu berusaha menggandakan diri dan bersifat merusak.

51. Casing : Unit yang menyimpan segala komponen pendukung PC, antara lain: chip prosesor, kartu grafis, kartu modem.

52. Degauss : Memindahkan unsur magnet dari sebuah alat, biasanya monitor.

53. Heatsink : Jajaran metal (biasanya aluminium) mekanis yang digunakan untuk mengurangi suhu panas dari prosesor.

54. Overheating : Suhu panas yang berlebihan pada komputer, akibat kipas dalam prosesor berhenti berputar.

55. Periferal : Alat tambahan yang dapat dihubungkan pada komputer misalnya: printer, scanner, kamera digital.

56. Extract : Proses menguraikan kembali file compressed ke ukuran aslinya.

57. File compressed : File berukuran besar yang dikecilkan (dipaket) untuk menghemat tempat dan waktu download.

58. Mirror : Halaman situs alternatif yang bisa dikunjungi untuk men-download program.

59. P2P (peer-to-peer) : file sharing Aktivitas yang mengizinkan pengguna lain untuk mengakses dan men-download file kita. Sebaliknya kita pun dapat mengakses file pengguna lain.

60. Spyware : Software atau program yang dapat mengamati kegiatan berkomputer kita dan melaporkan hasilnya ke orang/organisasi tertentu.

61. Tooltip : Jendela mini berisi informasi yang muncul saat kita mendekatkan mouse pointer ke obyek tertentu.

61. Dial-up : Jenis sambungan internet yang harus menggunakan sambungan telepon. Sehingga setiap kali modem dan PC kita harus menggunakan jari kita untuk menghubungi nomor telepon server ISP.***

0 Response to "50+ Istilah Komputer dan Internet yang Perlu Anda Pahami"

Posting Komentar